Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Model Palu Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin
Nama: IKA NURUL JANNA
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Model Palu ditinjau dari jenis kelamin, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Model Palu ditinjau dari jenis kelamin, dan untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Model Palu ditinjau dari jenis kelamin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Model Palu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 152 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Jumlah sampel adalah 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ditinjau dari perbedaan jenis kelamin minat belajar siswa laki-laki maupun perempuan di SMPN 5 Model Palu memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung siswa laki-laki sebesar 2,673 dengan signifikansi 0,013 dan siswa perempuan sebesar 2,634 dengan signifikansi 0,014. Adapun bentuk pengaruh minat belajar tehadap prestasi belajar matematika baik siswa laki-laki maupun perempuan adalah pengaruh yang positif. Besarnya pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa laki-laki adalah sebesar 30,51% sedangkan untuk siswa perempuan adalah sebesar 23,99%. (2) Ditinjau dari perbedaan jenis kelamin motivasi belajar siswa laki-laki maupun perempuan di SMPN 5 Model Palu memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai thitung siswa laki-`laki sebesar 3,925 dengan signifikansi 0,001 dan siswa perempuan sebesar 6,029 dengan signifikansi 0,000. Adapun bentuk pengaruh motivasi belajar tehadap prestasi belajar matematika baik siswa laki-laki maupun prempuan adalah pengaruh yang positif. Besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa laki-laki adalah sebesar 47,09% sedangkan untuk siswa perempuan adalah sebesar 61,24% (3) Ditinjau dari perbedaan jenis kelamin minat dan motivasi belajar siswa laki-laki maupun perempuan di SMPN 5 Model Palu memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung siswa laki-laki sebesar 46,876 dan siswa perempuan sebesar 77,945. Adapun bentuk persamaan regresi untuk siswa laki-laki adalah Y= 4,494 + 0,557X1 + 0,684X2 dan untuk siswa perempuan adalah Y= 10,892 + 0,353X1 + 0,775X2. Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika secara simultan adalah pengaruh yang positif baik untuk siswa laki-laki maupun perempuan. Besarnya pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika secara simultan untuk siswa laki-laki adalah sebesar 77,60% sedangkan untuk siswa perempuan adalah sebesar 85,20% Kata kunci : Minat, Motivasi, Prestasi Belajar Matematika ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up