JudulPROFIL KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PHYTAGORAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF |
Nama: DANIEL KANILO |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi Profil Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII A dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Phytagoras Ditinjau dari Gaya Kognitif siswa Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah teorema Phytagoras. Subjek penelitian ini adalah dua orang siswa kelas VIII A SMP Negeri 9 Palu pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari masing-masing satu orang siswa AW yang bergaya kognitif FI dan satu orang siswa SA yang bergaya kognitif FD. Data komunikasi matematis kedua subjek diperoleh melalui tes komunikasi matematis dan wawancara tidak terstruktur yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis siswa AW bergaya kognitif FI dalam menyelesaikan masalah teorema Phytagoras mampu memenuhi ketiga indikator komunikasi matematis yaitu (1) mampu menyatakan ide-ide matematis melalui lisan dan tulisan serta menggambarkannya secara visual. (2) mampu menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan dan tulisan dan (3) mampu menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika. Siswa SA bergaya kognitif FD dalam menyelesaikan masalah teorema Phytagoras hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu (1) menyatakan ide-ide matematis menggambarkannya secara visual namun tidak sempurna. Sedangkan kedua indikator lainnya yaitu (2) menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan dan tulisan dan (3) menggunakan istilah-istilah, simbol-simbol matematika untuk memodelkan situasi atau permasalahan matematika, siswa yang memiliki gaya kognitif FD tidak dapat memenuhinya. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Masalah, Teorema Phytagoras, Gaya Kognitif. |