Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPA SMA Labschool Untad Palu Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Belajar
Nama: NOVITA LAMPIN
Tahun: 2022
Abstrak
Novita Lampin, 2021. “Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XI IPA SMA Labschool Untad Palu pada Materi Program Linear Ditinjau dari Gaya Belajar”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Dasa Ismaimuza, M.Si. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA pada materi program linear berdasarkan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan angket gaya belajar. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang diambil dari 24 siswa yaitu satu siswa yang memiliki gaya belajar visual, satu siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dan satu siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Subjek bergaya belajar visual pada tahap menganalisis dapat menuliskan unsur-unsur yang terdapat pada soal yang meliputi variabel keputusan, fungsi kendala dan fungsi tujuan. Pada tahap mengevaluasi, subjek juga dapat menuliskan kesimpulan dari pernyataan terkait kasus maksimasi dan minimasi. Pada tahap mencipta, subjek juga mampu menyelesaikan soal dengan baik dan benar. (2) Subjek bergaya belajar auditorial pada tahap menganalisis mampu untuk menuliskan variabel keputusan, fungsi kendala dan fungsi tujuan pada soal. Pada tahap mengevaluasi, subjek juga mampu memberi kesimpulan dari pernyataan yang diberikan terkait kasus maksimasi dan minimasi. Pada tahap mencipta subjek mampu untuk menyelesaikan soal dengan membuat grafik koordinat kartesius dan menyelesaikan perhitungan dengan baik dan benar. (3) Subjek bergaya belajar kinestetik pada tahap menganalisis mampu untuk menentukan mana variabel keputusan, fungsi kendala dan fungsi tujuan pada soal program linear. Pada tahap mengevaluasi, subjek juga mampu untuk memberikan kesimpulan terkait pernyataan pada kasus maksimasi dan minimasi. Pada tahap mencipta subjek juga mampu untuk menyelesaikan soal dengan benar. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Program Linear, Gaya Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up