JudulProfil Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Luas Permukaan Dan Volume Balok Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) |
Nama: I NYOMAN JODI SUPRAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak I Nyoman Jodi Suprawan. 2021. Profil Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan luas permukaan dan Volume Balok Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Skripsi, Program Studi Pendidian Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Nurhayadi, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan luas permukaan dan volume balok ditinjau dari Adversity Quotent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP PT Pasangkayu dengan CB adalah siswa yang memiliki tingkat AQ tinggi (climber), CP adalah siswa yang memiliki tingkat AQ sedang (camper), dan QT adalah siswa yang memiliki tingkat AQ rendah (quitter). Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tahap memahami masalah yaitu: CB menuliskan dan memaparkan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan secara lengkap dan menceritakan masalah dengan bahasanya sendiri. CP cukup membaca soal satu kali untuk dapat mengidentifikasi serta menyebutkan dan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. QT membutuhkan waktu dua kali membaca soal untuk dapat mengidentifikasi informasi-informasi yang ada pada soal dengan benar, 2) tahap membuat rencana pemecahan masalah yaitu: CB membuat hubungan antara informasi yang ada dengan masalah yang ditanyakan dengan mengaitkan pengetahuan dan pengalaman belajar sebelumnya sehingga mampu membuat rencana pemecahan masalah dengan baik serta dapat menjelaskan alasan pemilihan cara atau langkah-langkah yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah. CP dapat menyebutkan dan menuliskan rumus yang tepat serta dapat menjelaskan dengan logis langkah-langkah atau rencana yang akan digunakan dalam memecahkan masalah yang diberikan. QT dapat memilih rumus yang tepat dan memberikan alasan pemilihan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, 3) Tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah yaitu: CB dan CP menyelesaikan masalah dengan strategi yang telah direncanakan sebelumnya serta memberikan alasan yang logis untuk langkah-langkah penyelesaiannya. QT tidak dapat menyelesaikan masalah secara keseluruhan serta dapat meberikan alasan yang logis mengenai cara dan langkah-langkah yang digunakan untuk menjawab soal, 4) Tahap memeriksa kembali jawaban pemecahan masalah yaitu: CB melakukan perhitungan ulang jawaban yang diperoleh serta melakukan pengujian dengan membuat cara lain untuk membuktikan hasil jawaban sebelumnya. CP memeriksa kembali jawaban dengan mengecek langkah demi langkah dan merasa puas dan yakin dengan hanya satu cara penyelesaian. QT tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya dan tidak memiliki alternatif penyelesaian lain karena merasa puas dan yakin dengan jawabannya. Kata kunci: profil, pemecahan masalah, luas permukaan dan volume balok, AQ |