JudulProfil Pengetahuan Prosedural Siswa SMA Labschool Untad Palu Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat |
Nama: RAFIKA H. RAMLI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Rafika H. Ramli. 2022. Profil Pengetahuan Prosedural Siswa SMA Labschool Untad Palu Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadarat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Pathuddin. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi pengetahuan prosedural siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat pada siswa kelas X SMA Labschool Untad Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang siswa yang diambil dari 20 siswa kelas X SMA Labschool Untad Palu yang terdiri dari satu orang siswa yang berkemampuan matematika tinggi, satu orang siswa yang berkemampuan matematika sedang, dan satu orang siswa berkemampuan matematika rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat memenuhi tiga indikator pengetahuan prosedural yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana untuk menggunakan prosedur secara tepat, dan pengetahuan dalam menampilkan prosedur secara fleksibel, akurat, dan tepat. subjek yang mempunyai kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat memiliki pengetahuan prosedural memenuhi dua indikator pengetahuan prosedural yaitu pengetahuan mengenai prosedur secara umum, pengetahuan mengenai kapan dan bagaimana untuk menggunakan prosedur secara tepat. Sedangkan subjek yang mempunyai kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat tidak memenuhi semua indikator pengetahuan procedural. Kata kunci: Profil, Pengetahuan prosedural, Persamaan Kuadrat |