Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 MODEL SPMI PALU DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: ASMINI
Tahun: 2022
Abstrak
Asmini. 2021. Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VIII SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing: Drs. Muh. Hasbi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VIIIA SMP Negeri 18 Model SPMI Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 18 Model SPMI Palu yang terdiri dari 3 orang yaitu siswa yang berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah yang dipilih berdasarkan nilai raport matematika pada semester genap 2020/2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang berkemampuan matematika tinggi dapat memenuhi semua indikator langkah pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemcahan masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Siswa yang berkemampuan matematika sedang memenuhi indikator langkah pemecahan masalah Polya yaitu tahap memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, dan melaksanankan rencana pemecahan masalah, memeriksa kembali jawaban, akan tetapi pada tahap memeriksa kembali jawaban siswa tidak dapat memeriksa kembali jawabannya namun dapat menarik kesimpulan berdasarkan jawaban yang diperoleh dengan hasil akhir yang tepat. Siswa yang berkemampuan matematika rendah dapat memenuhi indikator pemecahan masalah Polya yaitu pada tahap memahami masalah dan membuat rencana pemecahan masalah, pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek tidak dapat memperoleh hasil akhir yang tepat hal ini disebabkan oleh rencana yang dibuat kurang tepat, sedangkan pada tahap memeriksa kembali jawaban subjek tidak dapat memeriksa kembali jawabannya namun dapat menarik kesimpulan berdasarkan jawaban yang diperoleh dengan hasil akhir yang salah. Kata kunci: Profil pemecahan masalah, langkah polya, aritmatika sosial.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up