JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI HIMPUNAN DI SMP NEGERI 7 PALU DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA |
Nama: NI MADE MIA DELVINA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Ni Made Mia Delvina. 2021. Profil Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam menyelesaikan Soal Materi Himpunan Di SMP Negeri 7 Palu Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Skipsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Drs. Baharuddin Paloloang, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan di SMP Negeri 7 Palu ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Palu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa yang memiliki gaya belajar Auditorial, satu siswa yang memiliki gaya belajar Visual dan satu siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik. Hasil penelitian ini yaitu dalam menyatakan ulang sebuah konsep subjek SA menjelaskan lebih mendalam pengertian himpunan sementara subjek SV dan subjek SK menjelaskannya secara umum. Mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut dalam pada soal nomor 1, ketiga subjek sudah dapat mengelompokkan dan membedakan pernyataan yang termasuk himpunan dan bukan himpunan. Selanjutnya dalam menyajikan konsep dalam bentuk diagram Venn pada soal nomor 2, sebelum menggambar diagram Venn ketiga subjek mendaftarkan anggota-anggota himpunannya. SA mendaftar anggota himpunan dengan lambang tanda kurung, SV menulis lambang kurung kurawal dan SK menulis lambang kurung siku, selain itu SA dan SK memberikan simbol titik pada anggota-anggota himpunan dalam diagram Venn tetapi ketiga subjek belum tepat menuliskan anggota-anggota himpunan dalam diagram Venn. Saat mengidentifikasi sifat-sifat himpunan pada soal nomor 2, ketiga subjek dapat memahami bahwa operasi himpunan yang digunakan adalah irisan himpunan, tetapi belum dapat menyebutkan sifat operasi himpunan yang berlaku pada A?B=B?A. Selanjutnya menerapkan konsep secara logis pada soal nomor 3, subjek SA dalam hal ini dapat menggunakan langkah-langkah penyelesaian, tetapi belum tepat dalam memperoleh hasil akhir. Sementara subjek SV memperoleh hasil akhir dengan tepat tanpa menggunakan prosedur dan langkah-langkah penyelesaian soal cerita, sedangkan subjek SK menyelesaikan soal tanpa memahami maksud dari soal sehingga hasil yang diperoleh dalam menggambar diagram Venn dan mencari banyaknya siswa belum tepat. Kata Kunci: Profil; Pemahaman Konsep matematika; Himpunan; Gaya Belajar ABSTRACT Ni Made Mia Delvina. 2021. Profil of understanding students of mathematics concept in completing the exercises of set material at SMP Negeri 7 Palu assessed from style student learning Thesis, Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, Advisor Drs. Baharuddin Paloloang, M.Si. Keywords: Profile; Understanding of mathematical concepts; Set; Learning Style This study aims to describe the profile of student’s Mathematical Concepts Understanding in Solving Problem of set Material at SMP Negeri 7 Palu in terms of student learning styles. This research was conducted at SMP Negeri 7 Palu using a qualitative descriptive approach. The subjects in this study consisted of one student who has an Auditorial learning style, one student who has a Visual learning style and one student who has a Kinesthetic learning style. The results of this study are; in restating a concept, subject SA explains more deeply the meaning of the set while subject SV and subject SK explain it in general. Classifying objects based on whether the requirements that form the concept are met or not in question number 1, the three subjects can classify and distinguish statements which are set and not set. Furthermore, in presenting the concept in the form of a Venn diagram in question number 2, before drawing the Venn diagram the three subjects register the members of the set. SA lists the members of the set with the Curved brackets symbol, SV writes the Curly braces symbol and SK writes the brackets symbol, besides that SA and SK give point symbols to the members of the set in the Venn diagram but the three subjects have not correctly written the members of the set in the Venn diagram. When identifying the properties of the set in question number 2, the three subjects understood that the set operation used was a set section, but they could not mention the properties of the set operation that applies to it. Furthermore, applying the concept logically to problem number 3, the AS subject in this case can use the steps to solve it, but it is not accurate in obtaining the final result. While the SV subject got the final result correctly without using procedures and steps to solve the story problem, while the SK subject solved the problem without understanding the meaning of the question so that the results obtained in drawing the Venn diagram and finding the number of students were not correct. Keywords: Profile; Understanding of Mathematical Concepts; Set; Learning Style |