JudulPERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VII MTs DDI SONI |
Nama: MARIA AL QIBTIA |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Maria Al Qibtia (2021). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Pembelajaran Langsung Di Kelas VII MTs DDI Soni. Hasil penelitian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Mustamin Idris, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut menggunakan model Problem Based Learning dan pembelajaran langsung di kelas VII MTs DDI Soni. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan One-Shot Case Study Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan tehnik purposive sampling, siswa kelas VII Nisa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dan siswa kelas VII Rijal A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar matematika berupa tes uraian singkat. Data hasil belajar menggunakan analisis stastistik yaitu uji-t menggunakan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 16. Kriteria pengujian dua pihak dengan dk=(n_1+n_2 )-2 = 45 dan taraf signifikansi ?=0,05 yaitu t_hitung=4,257? t_tabel=1,678 sehingga hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_a) diterima, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut menggunakan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan pembelajaran langsung di kelas VII MTs DDI Soni. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar. |