Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMPN 3 Palu Pada Materi Segitiga.
Nama: SRI INKA ARIESTA SASTRIO
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sri Inka Ariesta Sastrio. 2021. “ Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 3 Palu pada materi segitiga. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Tegoeh S. Karniman, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 3 Palu pada materi segitiga. Rancangan penelitian mengacu pada desain Arikunto, yang terdiri dari 4 komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 3 Palu pada materi segitiga dengan mengikuti tahap-tahap sebagai berikut: (1) penyajian kelas, (2) belajar dalam kelompok, (3) permainan, (4) pertandingan dan (5) penghargaan kelompok. Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran siklus I, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori baik dengan nilai rentang 79 dan 78, Sedangkan hasil observasi pada pembelajaran siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik dengan nilai rentang 89 dan 88. Hasil belajar siswa pada materi segitiga dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke pembelajaran siklus II serta persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai lebih dari atau sama dengan 75%, terlihat dari persentase ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I adalah 70% sedangkan pada siklus II adalah 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMPN 3 Palu pada materi segitiga. Kata kunci : Hasil Belajar, Tipe TGT, Segitiga

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up