Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL PEMECAHAN MASALAH INTEGRAL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS XII SMA KARYA BAKTI MAMBORO
Nama: FADLUN WAHYUNI
Tahun: 2022
Abstrak
Fadlun Wahyuni, 2022. “Profil Pemecahan Masalah Integral ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XII SMA Karya Bakti Mamboro”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Dr. Pathuddin, S.Pd., M. Si Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah integral ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas XII SMA, (2) memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah integral ditinjau dari gaya belajar auditori siswa kelas XII SMA, (3) memperoleh deskripsi tentang profil pemecahan masalah integral ditinjau dari gaya belajar kinestetik siswa kelas XII SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Profil pemecahan masalah integral ditinjau dari gaya belajar visual yaitu: (a) pada tahap membaca dan berpikir subjek membaca soal tanpa bersuara, membaca soal sebayak satu kali tetapi secara perlahan. Kemudian subjek mengidentifikasi informasi pada soal yaitu hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan, (b) pada tahap eksplorasi dan merencanakan, subjek menjelaskan sambil mencoret-coret keras cakaran dan sesekali melihat keara peneliti, subjek merencanakan menggunakan rumus s(t)= ???v (t)dt,? (c) pada tahap memilih suatu strategi, subjek menjelaskan secara detail cara menggunaan rumus s(t)= ???v (t)dt,? sambil menuliskannya pada kertas cakaran, (d) pada tahap menemukan suatu jawaban, subjek menjelaskan secara detail sambil menunjuk lembar jawabannya dan sesekali menghitung hasil perkalian di kertas cakaran, (e) pada tahap meninjau kembali dan mendiskusikan, subjek mengecek kembali jawabannya dengan menggunakan metode subtitusi. 2) Profil pemecahan masalah integral ditinjau dari gaya belajar auditorial yaitu: (a) pada tahap membaca dan berpikir, subjek membaca soal secara berulang dengan suara pelan, kemudian subjek mengidentifikasi informasi pada soal yaitu hal-hal yang diketahui dan yang ditanyakan, (b) pada tahap eksplorasi dan merencanakan, mula-mula subjek diam sejenak kemudian menjelaskan rencana penyelesaian sambil melihat kearah peneliti, subjek merencanakan akan menggunakan rumus s(t)= ???v (t)dt,? (c) pada tahap memilih suatu strategi, subjek menjelaskan secara detail cara menggunaan rumus s(t) = ???v(t)dt,? hanya saja subjek tidak menuliskan secara rinci tahapan strategi tersebut, sehingga terdapat beberapa penulisan yang kurang tepat, (d) pada tahap menemukan suatu jawaban, subjek menjelaskan jawabannya sambil sesekali melihat kearah peneliti, subjek tidak menyederhanakan koefisien t^4 karena mengikuti hasil pengintegralan dari tahap memilih strategi, (e) pada tahap meninjau kembali dan mendiskusikan, subjek mengecek kembali langkah-langkah penyelesaian dan melakukan perhitungan kembali. 3) Profil pemecahan masalah integral ditinjau dari gaya belajar kinestetik: (a) pada tahap membaca dan berpikir, subjek membaca soal secara berulang dengan menggunakan pulpen sebagai penunjuk, kemudian subjek berpikir sejenak sambil mengetuk-ngetuk meja dengan pulpennya dan menggerakkan kaki, lalu mengidentifikasi hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, (b) pada tahap eksplorasi dan merencanakan, subjek menjelaskan dengan suara pelan sambil menunjuk lembar jawabannya dengan pulpen, subjek merencanakan akan menggunakan rumus s(t)= ???v (t)dt,? (c) pada tahap memilih suatu strategi, subjek ragu ketika menunjukkan hasil pekerjaannya, karena melakukan kesalahan dalam menggunakan rumus integral, (d) pada tahap menemukan suatu jawaban, subjek menjelaskan sambil menunjuk lembar jawabannya dengan pulpen, (e) pada tahap meninjau kembali dan mendiskusikan, subjek tidak mengecek kembali jawabannya. Kata Kunci: Profil, pemecahan masalah Krulik dan Rudnick, gaya belajar ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up