JudulAnalisis Penyelesaian Soal Turunan Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palu Ditinjau Dari Gaya Kognitf |
Nama: FEBRIANA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Analisis Penyelesaian Soal Turunan pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Palu Ditinjau dari Gaya Kognitif”. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. I Nyoman Murdiana, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan penyelesaian siswa dalam menyelesaikan soal turunan ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent (2) Mendeskripsikan penyelesaian siswa dalam menyelesaikan soal turunan ditinjau dari gaya kognitif Field Independent. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa yang diambil dari 20 siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 4 Palu yang mengikuti tes GEFT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyelesaian soal turunan pada siswa dengan gaya kognitif Field Dependent yaitu; (1) menyelesaikan soal turunan menggunakan cara sederhana dan lebih umum, (2) menentukan turunan fungsi aljabar dengan benar, namun tidak menuliskan rumus, (3) menyelesaikan soal turunan fungsi komposisi menggunakan aturan rantai dan tidak menuliskan rumus, (4) pada soal menggambar grafik fungsi siswa belum bisa menyelesaikannya. Penyelesaian soal turunan pada siswa dengan gaya kognitif Field Independent yaitu; (1) menyelesaikan soal turunan dengan runtut dan lebih kompleks, (2) menentukan turunan fungsi aljabar dengan benar, (3) dalam menentukan turunan fungsi komposisi menggunakan pemisalan dan menuliskan rumus, (4) pada soal menggambar grafik fungsi siswa mampu menggambar grafiknya, namun tidak menentukan jenis stasionernya. Kata Kunci: Analisis, penyelesaian, turunan, gaya kognitif. |