JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo |
Nama: ANITA NURFIKASARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Anita Nurfikasari. 2021. “ Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization(TAI)untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo. Hasil Penelitian Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. Ibnu Hadjar, M.Si. Tujuan penelitian ini adalahmemperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Team Assisted Individualization (TAI)untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri Ampibabo.Rancangan penelitian mengacu pada desain Arikunto, yang terdiri dari 4 komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, hasil wawancara, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabodengan mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif tipe TAI, yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi, dan 6) Memberikan penghargaan. Serta dikombinasikan dengan delapan komponen model kooperatif tipe TAI, yaitu: 1) placement test, 2) teams, 3) teaching group, 4) student creative, 5) team study, 6) whole-class units, 7) fact test, dan 8) team score and team recognition.Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran siklus I, aktivitas guru berada pada kategori sangat baik dengan total skor 40 dan aktivitas siswa berada pada kategori baik dengan total skor 38, Sedangkan hasil observasi pada pembelajaran siklus II, aktivitas guru dan siswa berada pada kategori sangat baik dengan total skor 45 dan 46. Hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi aljabardengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAImengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke pembelajaran siklus II, terlihat dari persentase ketuntasan klasikal belajarsiswa pada siklus I adalah 76,47?n pada siklus II meningkati menjadi 88,24%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi turunn fungsi aljabar di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ampibabo Kata Kunci: model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI;hasil belajar; turunan fungsi aljabar. |