Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SOAL CERITA SEGIEMPAT DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALU
Nama: MAGVIRA AMRI
Tahun: 2021
Abstrak
Magvira Amri. 2021. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Soal Cerita Segiempat Ditinjau dari Kecerdasan Emosional di Kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Dr. Sutji Rochaminah, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang, dan rendah pada soal cerita segiempat di kelas VIII SMP Negeri 3 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Palu yang terdiri dari satu orang siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, satu orang siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang, dan satu orang siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Data dikumpulkan melalui metode angket, tes tertulis, dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siwa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi: (1) dapat menyatakan informasi yang terdapat pada soal ke dalam simbol matematika, (2) dapat menjelaskan ide matematik dalam mengerjakan soal baik lisan maupun tulisan, (3) dapat menarik kesimpulan dari hasil jawaban baik lisan maupun tulisan. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional sedang: (1) dapat menyatakan informasi yang terdapat pada soal ke dalam simbol matematika, (2) dapat menjelaskan ide matematik dalam mengerjakan soal baik lisan maupun tulisan, (3) tidak dapat menarik kesimpulan dari hasil jawaban baik lisan maupun tulisan. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah: (1) dapat menyatakan informasi yang terdapat pada soal ke dalam simbol matematika, (2) tidak dapat menjelaskan ide matematik dalam mengerjakan soal baik lisan maupun tulisan, (3) tidak dapat menarik kesimpulan dari hasil jawaban baik lisan maupun tulisan. Kata Kunci: Profil, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Emosional, Segiempat

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up