JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar Di MAN 2 Kota Palu |
Nama: RABIYATUL ADAWIYAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Rabiyatul Adawiyah, 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Integral Tak Tentu Fungsi Aljabar di MAN 2 Kota Palu. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dasa Ismaimusa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal integral tak tentu fungsi aljabar. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal integral tak tentu fungsi aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 2 siswa yang diambil dari 23 siswa kelas XII MIA 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dilihat dari objek matematikanya yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan prinsip. Kesalahan konseptual yang dilakukan oleh siswa yaitu salah dalam memahami sifat integral tak tentu fungsi aljabar, dan salah dalam memahami penggunaan teknik integral subtitusi. Kesalahan proseural yang dilakukan oleh siswa yaitu : (1) tidak menambahkan konstanta. (2) Salah dalam melakukan operasi. (3) Salah dalam memanipulasi soal. Kesalahan prinsip yang dilakukan siswa yaitu salah dalam mengintegralkan fungsi berpangkat rasional. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal integral tak tentu fungsi aljabar yaitu siswa tidak memahami sifat-sifat integral secara baik, siswa tidak memahami penggunaan teknik integral subtitusi dengan baik, siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal integral tak tentu fungsi aljabar, dan pengetahuan prasyarat dari integral fungsi aljabar yang dimiliki siswa masih belum cukup atau kurang. Kata kunci: analisis, kesalahan, integral, tak tentu, fungsi, aljabar. |