JudulPROFIL PENALARAN DEDUKTIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MODEL PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI TINGKAT EFIKASI DIRI |
Nama: SITI AMALIA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran deduktif siswa dengan efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah dalam memecahkan masalah trigonometri di SMA Negeri 5 Model Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini dua orang masing-masing siswa dengan efikasi diri tinggi dan siswa dengan efikasi diri rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan efikasi diri tinggi dan efikasi diri rendah dalam memecahkan masalah yaitu menentukan dan menuliskan langkah-langkah pembuktian dengan mengetahui serta menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan; menentukan dan menggunakan aturan/rumus sinus untuk memecahkan masalah. Adapaun diakhir penyelesaian, subjek berefikasi diri tinggi menyebutkan dan menuliskan pernyataan logis sebagai kesimpulan dari masalah yang diberikan. Sedangkan subjek berefikasi diri rendah tidak menyebutkan maupun menuliskan pernyataan logis sebagai kesimpulan akhir dari masalah. Dengan demikian, penalaran deduktif subjek berefikasi diri tinggi baik pada tahap merencanakan maupun melaksanakan rencana penyelesaian, subjek memenuhi ketiga indikator penalaran deduktif yaitu melakukan perhitungan berdasarkan aturan/rumus tertentu, menarik kesimpulan berdasarkan aturan inferensi, dan menyusun pembuktian langsung. Sedangkan penalaran deduktif subjek yang berefikasi diri rendah dalam memecahkan masalah baik pada tahap merencanakan maupun melaksanakan rencana penyelesaian hanya memenuhi dua indikator yaitu melakukan perhitungan berdasarkan aturan/rumus tertentu, dan menyusun pembuktian langsung. Kata Kunci: Profil penalaran deduktif, Efikasi diri, Masalah trigonometri, Pemecahan masalah |