Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palu Berdasarkan Tahapan Polya
Nama: KETUT MUSTIARTINI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Ketut Mustiartini. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu Berdasarkan Tahapan Polya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Dra. Evie Awuy, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan pemecahan masalah pertidaksamaan linear satu variabel siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu berdasarkan tahapan Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada tahap memahami masalah subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah menyebutkan semua informasi tentang hal – hal apa saja yang diketahui dan informasi apa saja yang ditanyakan dari masalah. (2) Pada tahap menyusun rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan matematika tinggi dan sedang menggunakan pemisalan untuk membuat kalimat matematikanya dan subjek kemampuan matematika rendah tidak membuat rencana pemecahan masalah. (3) Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan matematika tinggi melaksanakan rencana pemecahan masalah sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya dengan sistematis. Sedangkan subjek yang berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak tepat dalam melaksanakan rencana pemecahan masalah. (4) Pada tahap memeriksa kembali rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan matematika tinggi melakukan pengecekkan kembali dengan menuliskan cara pengecekkan menggunakan metode substitusi. Sedangkan subjek berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak melalukan pemeriksaan kembali terhadap jawabannya. Kata Kunci: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah, Masalah Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Tahapan Polya ABSTRACT Ketut Mustiartini. 2021. Analysis Of Problem Solving Ability Of Linear Inequality On One Variable Of Eighth Grade Students At SMP Negeri 1 Palu Based On The Polya Step. Skripsi. Mathematics Education Study Program, Department of Mathematics and Natural Sciences Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Advisor: Dra. Evie Awuy, M.Si. This study aims to obtain a description of the linear inequality problem solving ability of one variable grade VIII students of SMP Negeri 1 Palu based on the Polya step. The results showed that: (1) At the stage of understanding the problem, subjects with high, medium and low mathematical abilities state all information about what things are known and what information is asked of the problem. (2) At the stage of compiling a problem-solving plan, subjects with high mathematical abilities and are using an example to make mathematical sentences and subjects with low mathematical abilities do not make problem-solving plans. (3) At the stage of implementing a problem-solving plan, subjects with high mathematical abilities carry out a systematic problem-solving plan in accordance with the previously made plans. Meanwhile, subjects with moderate and low math abilities are not appropriate in implementing problem-solving plans. (4) At the stage of re-examining the problem-solving plan, subjects with high mathematical abilities do a double check by writing a check method using the substitution method. Meanwhile, subjects with moderate and low math abilities did not re-check their answers. Keywords: Problem Solving Ability Analysis, One Variable Linear Inequality Problem, Polya Step

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up