Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulRegulasi Kognisi Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Palu Pada Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kogniti
Nama: NABILA SABELLA AULIA
Tahun: 2021
Abstrak
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas regulasi kognisi pada pemecahan masalah program linear berdasarkan langkah Polya yang ditinjau dari gaya kognitif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa perempuan yang masing-masing memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Data yang dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara menunjukkan bahwa kedua subjek melaksanakan seluruh aktivitas regulasi kognisi pada setiap langkah Polya yaitu (1) subjek FD melaksanakan aktivitas Planning pada setiap langkah Polya akan tetapi terjadi perbedaan pelaksanaan rencana ketika subjek memecahkan masalah kemudian subjek dapat memprediksi waktu untuk memecahkan masalah meskipun pada pelaksanaannya subjek membutuhkan waktu yang lebih lama, sedangkan subjek FI melaksanakan aktivitas Planning pada setiap langkah Polya dan melaksanakan pemecahan masalah sesuai strategi yang telah disusun kemudian subjek dapat memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dengan tepat, (2) subjek FD dapat melaksanakan aktivitas Monitoring pada setiap langkah Polya jika diberikan stimulus berupa petunjuk untuk menyadari kekeliruan yang dilakukan, sedangkan subjek FI melaksankan aktivitas Monitoring pada setiap langkah Polya secara mandiri, (3) kedua subjek melaksanakan aktivitas Evaluation pada setiap langkah Polya dengan menilai kecukupan informasi dari masalah, menilai kebenaran hasil penyelidikan serta membuat kesimpulan pemecahan masalah berdasarkan hasil penyelidikan yang telah dilakukan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up