Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS LEARNING TRAJECTORY SISWA KELAS VII SMPN MODEL TERPADU MADANI PALU DALAM MEMECAHKAN MASALAH PECAHAN DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN
Nama: TRIA BITARA
Tahun: 2020
Abstrak
Tria Bitara. 2020. Analisis Learning Trajectory Siswa Kelas VII SMPN Model Terpadu Madani Palu dalam Memecahkan Masalah Pecahan Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang learning trajectory siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam memecahkan masalah pecahan. Subjek penelitian ini adalah empat orang siswa kelas VII SMPN Model Terpadu Madani Palu pada semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Empat orang siswa yang dipilih sebagai subjek penelitian terdiri dari seorang siswa laki-laki dan seorang siswa perempuan yang masing-masing berkemampuan matematika tinggi serta seorang siswa laki-laki dan seorang siswa perempuan yang masing-masing berkemampuan matematika rendah. Data learning trajectory keempat subjek diperoleh melalui tes pemecahan masalah dan wawancara tidak terstruktur yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa learning trajectory siswa laki-laki dalam memecahkan masalah pecahan lebih pendek dibandingkan learning trajectory siswa perempuan. Siswa laki-laki lebih mampu melihat informasi yang saling berhubungan untuk menyusun strategi atau metode penyelesaian masalah yang tepat dan langsung diarahkan pada tujuan yang diinginkan dari masalah. Melalui perencanaan penyelesaian yang lebih tepat sasaran, siswa laki-laki mampu menyelesaikan masalah dengan prosedur yang lebih singkat. Siswa laki-laki juga mampu memikirkan strategi pemeriksaan yang mengandalkan kemampuan berpikir secara logis dan keterampilan berhitung secara mental. Sebaliknya, siswa perempuan cenderung memikirkan strategi penyelesaian yang lebih panjang, sehingga penyelesaian yang dilakukan pun lebih panjang dan berbelit-belit. Kata kunci: Learning trajectory, Masalah, Pemecahan Masalah, Perbedaan Jenis Kelamin.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up