JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENENTUKAN AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX D SMP NEGERI 15 PALU |
Nama: NI LUH DEVI ANGGRENI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Ni Luh Devi Anggreni. 2019. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menentukan Akar-akar Persamaan Kuadrat Kelas IX D SMP Negeri 15 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Maxinus Jaeng (II) M. Nur Yadil Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat, (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkaan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 siswa yang diambil dari 24 siswa kelas IX D. Hasil penelitian ini menunjukkann kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat berupa kesalahan konseptual (kesalahan penggunaan rumus, dan kesalahan siswa dalam memahami konsep pemfaktoran jika a?1 ) dan kesalahan prosedural (tidak melanjutkan langkah-langkah selanjutnya dan kesalahan dalam memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu masalah). Beberapa faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah (1) kurang teliti dalam menyelesaikan soal. (2) pengetahuan prasyarat yang dimiliki siswa belum cukup atau kurang. (3) kurang memahami konsep dalam menentukan akar-akar persamaan kuadrat jika koefisien dari a?1. (4) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan persamaan kuadrat dengan berbagai cara masih kurang. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Menentukan Akar-akar Persamaan Kuadrat. |