Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN DI KELAS VII SMPN 3 TOJO BARAT
Nama: GITHA APRILIA WANDENDA
Tahun: 2021
Abstrak
Githa Aprilia Wandenda, 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Berdasarkan Analisis Newman Di Kelas VII SMPN 3 Tojo Barat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurhayadi, Pembimbing (II) Evie Awuy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita himpunan berdasarkan metode analisis Newman di kelas VII SMPN 3 Tojo Barat. Subyek dalam penelitian ini 3 siswa kelas VII SMPN 3 Tojo Barat. Hasil penelitian ini menunjukan : kesalahan yang dilakukan siswa pada tahap (1) tidak ditemukan siswa yang melakukan kesalahan dalam tahap kesalahan membaca (Reading Error). Tahap (2) memahami masalah (comprehension error) yaitu (a) siswa FK, DM dan ST tidak menangkap informasi dengan benar sehingga salah menempatkan angka dalam diagram Venn yang menyebabkan ST dan DM salah dalam menentukan apa yang ditanyakan dari soal, (b) siswa DM keliru dalam menentukan simbol matematika mana yang ditanyakan dari soal, (c) kesalahan siswa ST tidak menuliskan semua informasi yang terdapat pada soal, (d) kesalahan yang dilakukan siswa DM yaitu tidak dapat mengubah informasi dari soal dalam bentuk simbol matematika; tahap (3) transformasi masalah (transformation error) yaitu (a) siswa FK dan DM tidak menggunakan rumus pada saat menjawab soal dan cenderung mengerjakan secara langsung, (b) kemudian siswa ST menggunakan rumus yang tidak lengkap atau keliru, (c) siswa DM juga melakukan kesalahan dalam memilih operasi yang tepat; tahap (4) kemampuan proses (process skill error) yaitu (a)siswa FK kurang teliti dalam menghitung, (b) kesalahan yang dilakukan siswa DM dan ST yaitu salah atau gagal menggunakan operasi dalam menyelesaikan masalah; dan tahap (5) menulis jawaban akhir (encoding error) yaitu siswa FK dan ST menuliskan jawaban akhir secara singkat tanpa menyimpulkan jawaban sesuai permintaan soal dan kesalahan yang dilakukan siswa DM yaitu tidak dapat menulis jawaban dengan benar walaupun menuliskan jawaban dalam kalimat matematika. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Soal Cerita Himpunan, Analisis Newman.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up