Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA2 SMA NEGERI 5 PALU PADA MATERI PROGRAM LINEAR
Nama: NUR INTAN
Tahun: 2019
Abstrak
Nur Intan, 2019 Profil Kemampuan Literasi Matematis siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Palu pada Materi Program Linear. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dasa Ismaimuza dan Pembimbing (II) Pathuddin. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi atau gambaran mengenai kemampuan literasi matematis siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Palu pada materi program linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Palu yang berkemampuan matematika tinggi. sedang dan rendah. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis subjek berkemampuan matematika tinggi yaitu NR dapat melewati level 1, level 2, dan level 3. Subjek NR dapat juga menggunakan konteks yang dikenal untuk menyelesaikan soal, mengidentifikasi informasi sehingga dapat menentukan himpunan daerah penyelesaian serta mampu mengumpulkan dan memilah informasi tanpa menuliskan yang diketahui dan ditanyakan, dapat membuatkan tabel dan melakukan prosedur dengan jelas dalam memecahkan masalah, menafsirkan dan menggunakan representasi berdasarkan sumber informasi yang berbeda dan subjek dapat mengemukakan alasannya secara langsung. Kemampuan literasi matematis subjek berkemampuan matematika sedang yaitu YY dapat melewati level 1 dan level 2. Subjek YY dapat juga menggunakan cara-cara umum yaitu cara yang dikenal atau biasa digunakan untuk menyelesaikan soal serta dapat melakukan identifikasi terhadap informasi yang didapatkan pada soal untuk digunakan agar dapat menentukan daerah penyelesaian dan mampu mengumpulkan informasi dengan menuliskan yang diketahui dan yang ditanyakan pada soal kemudian memilah informasi yang relevan sehingga subjek dapat membuat model matematikanya, akan tetapi subjek tidak dapat meneruskan menggambarkan pada diagram Cartesius karena subjek tidak memecahkan masalah dengan menggunakan prosedur dengan jelas termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan. Kemampuan literasi matematis subjek berkemampuan matematika rendah yaitu AR dapat melewati level 1. Subjek AR pada saat mengerjakan soal dengan menggunakan konteks yang dikenal yaitu cara-cara umum kemudian mengidentifikasi informasi pada soal sehingga dapat menggambarkan dan menentukan daerah penyelesaian dari pertidaksamaan yang dibuat pada diagram Cartesius. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Program Linear, Tingkat Kemampuan Matematika

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up