Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIGARIS DAN SUDUT DI KELAS VIIC SMP NEGERI 9 PALU
Nama: MELIANA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Meliana, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VII C SMP Negeri 9 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Evie Awuy (II) Abd. Hamid. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII C SMP Negeri 9 palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data hasil aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, dan data hasil wawancara dengan beberapa siswa yang dijadikan sebagai informan, data hasil catatan lapangan dan data hasil tes akhir tindakan.Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus, siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 13 siswa dengan persentase ketuntasan 52?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 19 siswa dengan persentase ketuntasan 79%.Pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Palu mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di SMP Negeri 9 Palu yaitu dengan menggunakan fase-fase sebagai berikut: 1) Fase pengorganisasian kelompok belajar dan penomoran, siswa dikelompokkan dalam 5 kelompok belajar dan setiap anggota kelompok diberi nomor yaitu 1-5. 2) Fase pengajuan pertanyaan atau permasalahan, guru membagikan LKPD pada masing-masing kelompok( menanya).3) Fase berfikir bersama, siswa diminta untuk mengerjakan LKPD dan berdiskusi bersama untuk memperoleh jawaban yang tepat (mengkomunikasikan, mencoba, menanya). Kegiatan diskusi yang berlangsung dikontrol dan diberikan bantuan yang terbatas bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam kelompoknya. 4) Fase pemberian jawaban, siswa yang nomornya yang diperoleh dari hasil undian mengancungkan tangan dan maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (menalar, mengkomunikasikan). Kata Kunci: Numbered Heads Together, pendekatan scientific, hasil belajar, garis dan sudut.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up