JudulPROFIL PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 16 PALU PADA MATERI PERBANDINGAN BERBALIK NILAI DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MTEMATIKA |
Nama: RIVALDHI SAPUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil pemahaman konsep siswa kelas VII Bberdasarkan tingkat kemampuan matematika. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 16 Palu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini yaitu saat mengklasifikasi perbandingan berbalik nilai, siswa berkemampuan tinggi mengklasifikasi perbandingan berbalik nilai berdasarkan definisi perbandingan berbalik nilai. Kemudian mengidentifikasi sifat, operasi atau konsep, siswa berkemampuan tinggi menggunakan Sifat komutatif dan operasi hitung aljabar. Selanjutnya dalam menerapkan konsep, siswa menerapkan konsep dan sifat-sifat yang digunakan untuk menyelesaikan masalah perbandingan berbalik nilai. Selain hal tersebut, siswa berkemampuan tinggi dalam memberi contoh dan bukan contoh dari perbandingan berbalik nilaiberdasarkan definisi perbandingan berbalik nilai. Kemudian dalam menyajikan masalah siswa berkemampuan tinggi menyajikan dalam bentuk model matematika. Pemahaman konsep subjek berkemampuan sedang dalam mengklasifikasi perbandingan berbalik nilai berdasarkan definisi perbandingan berbalik nilai.Kemudian dalam mengidentifikasi sifat, operasi atau konsep, siswa berkemampuan sedang mengidentifikasi sifat komutatif dan operasi hitung aljabar.Selanjutnya dalam menerapkan konsep, siswa berkemampuan sedang menjelaskan sifat-sifat dan operasi-operasi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah perbandingan berbalik nilai. dalam memberi contoh dan bukan contoh perbandingan berbalik nilai, siswa berkemampuan sedang memberi contoh yaitu berdasarkan definisi perbandingan berbalik nilai. Selanjutnya dalam menyajikan masalah, siswa berkemampuan sedang menyajikan masalah dalam bentuk model matematika tetapi terjadi kesalahan prosedural pada soal nomor 2 bagian b. Pemahaman konsep siswa berkemampuan rendah dalam mengklasifikasi perbandingan berbalik nilai berdasarkan definisi perbandingan berbalik nilai. Selain itu, siswa berkemampuan rendah dalam memberi contoh dan bukan contoh perbandingan berbalik nilai berdasarkan definisi perbandingan berbalik nilai Kata Kunci: Profil; Pemahaman konsep; Perbandingan Berbalik Nilai |