JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII A SMP NEGERI 6 PALU |
Nama: Nurul Alfiat |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nurul Alfiat 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII A SMP Negeri 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Marinus Barra Tandiayuk. (II) Gandung Sugita. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII A SMP Negeri 6 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 25 siswa dan dipilih tiga sebagai informan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelititian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siwa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dengan mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif yaitu: 1) Mempersiapkan siswa dan menyampaikan tujuan yaitu peneliti menyampaikan tujuan dan memberikan apersepsi dan motivasi, 2) Menyajikan informasi, peneliti menyampaikan topik materi dan menjelaskan model pembelajaran yang digunakan beserta cara kerja dua buah tongkat dan instrumen musik, 3) Mengorganisir siswa ke dalam tim-tim belajar, peneliti membentuk 4 kelompok belajar yang terdiri dari 6 siswa setiap kelompok, 4) Membantu kerja tim dan belajar, Peneliti membagikan LKPD pada tiap-tiap kelompok , menjelaskan LKPD serta menekankan untuk bekerja sama, 5) Mengevaluasi, peneliti menyampaikan siswa untuk menutup buku selanjutnya penleiti menjalankan tongkat secara estafet dengan bantuan instrumen musik dan memberikan pertanyan kepada kedua siswa pemegang tongkat, dan memberikan kesempatan siswa lain untuk memberikan tanggapan kepada jawaban kedua siswa selanjutnya siswa dan peneliti bersama-sama menarik kesimpulan, 6) Memberikan pengakuan atau penghargaan, peneliti memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik berupa tepuk tangan dan hadiah yang sudah dipersiapkan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick; Hasil Belajar; Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. |