Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS ALKHAIRAAT PALOLO 1 MAKMUR PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN
Nama: VJ. LINDU PRATOLO
Tahun: 2021
Abstrak
Vj. Lindu Pratolo. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Pendekatan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Alkhairaat Palolo 1 Makmur Pada Materi Garis Singgung Lingkaran. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Gandung Sugita (II) Muh. Rizal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang Penerapan model pembelajaran tipe STAD menggunakan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Palolo 1 Makmur pada materi Garis singgung lingkaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Palolo 1 Makmur yang berjumlah 22 orang siswa dan dipilih dua orang siswa yang bertugas menjadi Tutor serta dipilih tiga orang siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan pendekatan Tutor Sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Alkhairaat Palolo 1 Makmur pada materi garis singgung lingkaran mengikuti langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu: 1) Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa, pada tahap ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa serta memberikan apersepsi kepada seluruh siswa dengan cara tanya jawab, 2) Menyajikan/menyampaikan materi, pada tahap ini guru menyajikan materi dengan cara yang kreatif agar dapat menarik perhatian siswa, 3) Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif, pada tahap ini siswa bergabung pada kelompok masing-masing dan setiap 2 kelompok memiliki seorang Tutor serta pada tahap ini guru menjelaskan tanggung jawab siswa dalam kelompok dan tanggung jawab Tutor dalam kelompok, 4) Membimbing kelompok bekerja dan belajar, pada tahap ini Tutor membantu teman-teman kelompoknya namun tetap dalam pengawasan guru, 5) Evaluasi, pada tahap ini guru memilih secara acak siswa yang akan mempresentasikan hasil jawaban kelompoknya dan mempersilahkan kepada seluruh siswa untuk bertanya dan menanggapi hasil presentasi kelompok lain serta pada tahap ini siswa mengerjakan post-test secara individu, 6) Memberikan penghargaan, pada tahap ini guru memberikan penghargaan kepada seluruh kelompok. Kata kunci: Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Pendekatan Tutor Sebaya; Hasil Belajar; Garis Singgung Lingkaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up