Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS VII SMP IT QURROTA A’YUN PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BENTUK ALJABAR
Nama: IKE WAHYU WARDANI
Tahun: 2021
Abstrak
Ike Wahyu Wardani, 2021. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP IT Qurrota A’yun Palu dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurhayadi dan pembimbing (II) Muh. Rizal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang dialami siswa kelas VII SMP IT Qurrota A’yun Palu dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. (2) untuk mendeskripskan faktor penyebab miskonsepsi siswa kelas VII SMP IT Qurrota A’yun Palu dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang diambil dari 30 siswa kelas VII D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa jenis-jenis miskonsepsi yang dialami siswa yaitu (1) miskonsepsi teoritikal yang dialami siswa yaitu siswa mengalami kesalahpahaman terkait konsep suku, variabel dan konstanta,, (2) miskonsepsi klasifikasional yang dialami siswa yaitu dalam membedakan suku sejenis dan tak sejenis hanya berdasarkan variabel yang sama tanpa memperhatikan pangkatnya sama atau tidak, dan (3) miskonsepsi korelasional meliputi kesalahpahaman dalam hubungan antar konsep operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan bentuk aljabar. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami miskonsepsi-miskonsepsi dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar yaitu siswa terdiri dari (1) pemikiran asosiatif, (2) intuisi yang salah, (3) reasoning yang tidak lengkap dan (4) kurangnya kemampuan siswa. Kata kunci: Kualitataif, Miskonsepsi, Operasi Bentuk Aljabar, Suku, Variabel, Konstanta

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up