Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulProfil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Tomini Berdasarkan Langkah-Langkah Polya
Nama: SITI WAHYUNI
Tahun: 2022
Abstrak
Siti Wahyuni. 2021. Profil Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Tomini Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IlmuPengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako.Pembimbing Sutji Rochaminah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Tomini dalam menyelesaikan masalah aritmatika sosial berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang, dan subjek berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah aritmatika sosial adalah sebagai berikut: 1) tahap memahami masalah subjek berkemampuan tinggi, subjek berkemampuan sedang,dan subjek berkemampuan rendahmelakukan pembacaan masalah secara berulang, serta menggunakan pengetahuannya tentang kalimat “pernyataan” dan kalimat “pertanyaan” dalam memahami masalah, (2) tahap membuat rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi memiliki rencana pemecahan masalah dengan menggunakan rumus “kerugian = harga beli–harga jual”, subjek berkemampuan sedang memiliki rencana pemecahan masalah dengan menggunakan rumus “harga beli = harga jual + kerugian”, sedangkan subjek berkemampuan rendah hanya langsung “mengalikan kerugian dengan harga jual”3) tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek berkemampuan tinggi, sedangdan rendahmelaksanakan sesuai rencana dan mengerjakan menggunakan kemampuannya dalam menghubungkan konsep yang berupa simbol-simbol dan mengoperasikan simbol-simbol untuk menemukan solusi dari masalah yang diberikan, 4) tahap memeriksa kembali hasil pekerjaan subjek berkemampuan tinggimelakukan pemeriksaan kembali hasil pekerjaannya sebelum dan sesudah penyelesaian akhir, sedangkan subjek berkemampuan sedangdan rendahtidak melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasilpengerjaannya. Kata kunci: Profil, pemecahan masalah, aritmatika sosial, langkah-langkah Polya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up