Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INTEGRAL FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 PALU
Nama: YULIANA SUHERI
Tahun: 2019
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi integral fungsi aljabar kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Palu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan, dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Palu pada materi integral fungsi aljabar mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif tipe TAI yaitu: 1) Pembelajaran secara individual, 2) Pengorganisasian ke dalam kelompok, 3) Diskusi kelompok mengenai hasil belajar, 4) Pemberian kuis, 5) Pemberian penghargaan, dan 6) Penyimpulan materi. Hasil penelitian: (1) Presentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I diperoleh 73,33?n masuk pada kategori baik. Pada siklus II diperoleh 86,67?n masuk pada kategori sangat baik, (2) Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 83,33?n masuk pada kategori sangat baik. Pada siklus II diperoleh 97,22?n masuk pada kategori sangat baik, sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 75?n masuk pada kategori baik. Pada siklus II diperoleh 91,67?n masuk pada kategori sangat baik.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up