Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH POLYA PADA MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR DI KELAS VII A SMP NEGERI 6 PALU
Nama: GITA DESTIANA
Tahun: 2019
Abstrak
Gita Destiana, 2019. Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Polya pada model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar di Kelas VII A SMP Negeri 6 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Mustamin Idris, Pembimbing II: Muh.Rizal. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan strategi pemecahan masalah Polya pada model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar di kelas VII A SMP Negeri 6 Palu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu: 1. Perencanaan; 2. Pelaksanaa tindakan; 3. Observasi; 4. Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Neger 6 Palu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari hasil wawancara, lembar observasi, catatan lapangan serta hasil tes akhir tindakan siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah Polya pada model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Palu yang diperoleh melalui 5 fase, yaitu: yaitu: (1) orientasi siswa kepada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan secara individu maupun kelompok, (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Adapun strategi pemecahan masalah menurut Polya ada 4 langkah yaitu: (1) memahami masalah, (2) membuat perencanaan, (3) melaksanakan perencanaan, (4) memeriksa kembali proses dan hasil yang diperoleh. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru siklus I dan siklus II memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu memperoleh kriteria taraf keberhasilan sangat baik. Presentase ketuntasan belajar klasiskal siklus I sebesar 53,33?n meningkat pada siklus II menjadi 80%. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan penerapan strategi pemecahan masalah Polya pada model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar di kelas VII SMP Negeri 6 Palu. Kata kunci: Strategi Pemecahan Masalah Polya; Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM); Hasil Belajar; Soal Bangun Datar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up