JudulPenerapan Pendekatan Saintifik Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di SMP Negeri 13 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang |
Nama: DARMI |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Darmi. 2019. Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kelas VIIB di SMP Negeri 13 Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Evie Awuy, Pembimbing (II) Sukayasa Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai Penerapan Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB di SMP Negeri 13 Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Rancangan penelitian yang dilakukan mengacu pada desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 13 Palu. Subyek penelitian ini sebanyak 19 orang peserta didik dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas adalah 14 orang dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 73?n pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas adalah 15 orang dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan Saintifik dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat Meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita persegi panjang dengan mengikuti fase-fase pendekatan Saintifik dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai berikut: Fase 1; orientasi siswa pada masalah. (mengamati), (mencoba). Fase 2; mengorganisasikan siswa untuk belajar. Fase 3; membantu penyelidikan individual dan kelompok (mencoba), (mengkomunikasikan), (menanya) dan (menalar). Fase 4; mengembangkan dan menyajikan hasil karya. (mencoba), (mengkomunikasikan), (menanya) dan (menalar). Fase 5; menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah (mengkomunikasikan), (menanya) dan (menalar). Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Model pembelajaran PBL, Hasil Belajar, Soal Cerita Persegi Panjang. |