Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN EKSPONEN SISWA KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 SINDUE
Nama: SELPI
Tahun: 2021
Abstrak
Selpi. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Eksponen Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sindue. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Muh. Hasbi (II) Pathudin. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Eksponen Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sindue. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan pengamatan dan (3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sindue pada materi bilangan eksponen mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick yaitu: 1) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa (present goal and set), 2) Menyajikan informasi (present information), 3) Mengorganisir siswa kedalam tim-tim belajar (organanise student into learning), 4) Membantu kerja tim dan belajar (assit team work and study), 5) Mengevaluasi (test on the materials), 6) Memberikan pengakuan atau penghargaan (provide recognition). Hasil penelitian: (1) Presentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I diperoleh 39,13?n pada siklus II diperoleh 68%, (2) Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 51 dan masuk pada kategori baik. Pada siklus II diperoleh 62 dan masuk pada kategori sangat baik dan observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 51 dan masuk pada kategori baik. Pada siklus II diperoleh 62 dan masuk pada kategori sangat baik. Kata Kunci: model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick; hasil belajar; bilangan eksponen

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up