Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PAMONA TIMUR
Nama: ELISABET SALI
Tahun: 2021
Abstrak
Elisabet Sali, 2020. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Komposisi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamona Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing 1: Mustamin Idris, Pembimbing 2: Nurhayadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamona Timur dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi. Data dikumpulkan dengan cara metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan konseptual dan penyebab yang dilakukan oleh siswa yaitu : (1) kesalahan siswa YP dalam menuliskan yang ditanya tidak sesuai dengan permintaan soal kesalahan tersebut disebabkan karena YP tidak memahami konsep sehingga mengakibatkan siswa YP tidak memahami soal. (2) kesalahan siswa YP tidak memahami dengan baik metode subtitusi kesalahan tersebut disebabkan karena siswa YP menulis pangkat 2 pada fungsi g(m)=42m+2. (3) kesalahan siswa YP salah dalam memahami konsep fungsi komposisi kesalahan tersebut disebabkan karena siswa YP mengalami pemahaman yang salah terhadap suatu konsep, YP beranggapan bahwa m itu adalah sama dengan 4m. (4) kesalahan siswa YP tidak menuliskan satuan, kesalahan tersebut disebabkan karena YP tidak memahami konsep satuan. Kesalahan prosedural dan penyebab yang dilakukan oleh siswa yaitu: (1) kesalahan siswa YP salah dalam operasi perkalian, kesalahan tersebut disebabkan karena YP tidak cermat dan teliti dalam melakukan perkalian. (2) kesalahan siswa JP tidak memahami langkah-langkah penyelesaian kesalahan tersebut dikarenakan JP salah dalam menggunakan prosedur dan langkah-langkah untuk menyelesaikan soal. (3) kesalahan siswa JP tidak melanjutkan pekerjaan sampai akhir kesalahan tersebut disebabkan karena JP hanya menyelesaikan soal sampai pada tahap yang dimengerti dan tidak mengetahui langkah selanjutnya sehingga JP tidak mendapatkan jawaban yang tepat. (4) kesalahan siswa ST tidak menulis yang diketahui dan ditanya kesalahan tersebut disebabkan karena ST terburu-buru dalam mengerjakan soal. (5) kesalahan siswa ST salah dalam melakukan operasi perkalian dan penjumlahan, kesalahan tersebut disebabkan karena ST kurang teliti dalam melakukan perkalian dan penjumlahan. (6) kesalahan siswa ST tidak teliti dalam menyelesaikan soal, kesalahan tersebut disebabkan karena ST kurang teliti saat mengerjakan soal yang diberikan. Kata kunci : Analisis kesalahan, fungsi komposisi, kesalahan konseptual, kesalahan prosedural.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up