JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Tolitoli Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok |
Nama: MOH. RIZKY |
Tahun: 2022 |
Abstrak Moh. Rizky. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Tolitoli Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Drs. Gandung Sugita, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok di Kelas VIII B SMP Negeri Tolitoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapannya: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Tolitoli yang berjumlah 28 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tes akhir tindakan, diperoleh presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I yaitu 60?n presentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus II adalah 85%. Hasil observasi guru dan siswa pada siklus I masuk ke dalam kategori baik dan pada siklus II masuk ke dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok di Kelas VIII B Negeri 3 Tolitoli, dengan fase model TPS yaitu: (1) think, (2) pair, dan (3) share. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS; Hasil belajar, Luas Permukaan dan Volume Balok. |