Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII Sudirman SMP Negeri 1 Sindue
Nama: SITI SALMA
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Salma, S., 2022. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII Sudirman SMP Negeri 1 Sindue. Skripsi. Program studi pendidikan matematika, jurusan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing Muh. Rizal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi model pembelajaran kooperatif tipe TalkingStick dalam meningkatkan hasil belajar persamaan garis lurus siwa kelas VIII sudirman SMP Negeri 1 Sindue. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sudirman yang berjumlah 23 orang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan,3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi,tes tertulis, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persaamaan garis lurus di kelas VIII Sudirman SMP Negeri 1 Sindue dengan tahapannya yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, 2) menyajikan informasi, 3) Mengorganisir siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4) Membantu kerja kelompok dan belajar, 5) Mengevaluasi, dan 6) Memberikan pengakuan atau penghargaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir tindakan siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal mencapai 65?n hasil tes akhir tindakan siklus II menjadi 82%. Skor total aktivitas guru pada siklus I sebesar 51 meningkat pada siklus II menjadi 65. Skor total aktivitas siswa pada siklus I sebesar 47 meningkat pada siklus II menjadi 64. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus. Kata kunci: Model Pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar, Persamaan Garis Lurus.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up