JudulANALISIS PERUBAHAN KONSEPTUAL TENTANG PECAHAN KELAS VII SMP LABSCHOOL UNTAD |
Nama: DARMIASURI BINTI MOHD DARWIS |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan penelitian ini untuk memperoleh deskripsi perubahan konseptual bagi siswa kelas VII SMP LabSchool UNTAD. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan tentang perubahan konsep yang terjadi pada siswa sebelum pembelajaran operasi pecahan di SMP, dan sesudah pembelajaran operasi pecahan di SMP kelas VII. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes tertulis dan pedoman wawancara tak terstrukur yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran operasi pecahan. Jawaban dari tes dan hasil wawancara kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi perubahan konseptual baik pada subjek berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Perubahan ini terjadi pada soal penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan baik yang berpenyebut sama, berbeda dan pecahan campuran. Proses perubahan konseptual terjadi pada soal penjumlahan pecahan yang penyebutnya berbeda, perkalian pecahan campuran, perkalian bilangan bulat dan pecahan, pembagian pecahan yang berpenyebut sama, pembagian bilangan bulat dan pecahan dan pembagian pecahan campuran pada ketiga subjek. Perubahan konseptual paling banyak terjadi pada subjek berkemampuan matematika tinggi dan rendah dalam menyelesaikan soal operasi pecahan. |