Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Nama: YUNI RAHMA TANTI
Tahun: 2019
Abstrak
Yuni Rahma Tanti. 2019. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 4 Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan ditinjau dari Gaya Belajar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mustamin Idris dan pembimbing (2) Anggraini. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh gambaran kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 4 Palu dalam menyelesaikan soal cerita himpunan berdasarkan gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini dipilih berdasarkan angket gaya belajar. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 3 siswa yang diambil dari 28 siswa yaitu satu siswa yang memiliki gaya belajar visual, satu siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, dan satu siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Subjek bergaya belajar visual menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, dan menggunakan simbol-simbol matematika dalam menyelesaikan masalah, serta pada saat menuliskan yang diketahui tetapi tidak menggunakannya pada saat menuliskan yang ditanyakan, dan juga subjek menggambarkan diagram venn yang sesuai dengan soal yang diminta beserta dengan keterangan pada diagram venn, kemudian subjek menggunakan langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan, serta subjek menyimpulkan jawaban yang diperoleh diakhir penyelesaian. (2) Subjek bergaya belajar auditorial menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, subjek juga menggunakan simbol-simbol matematika dalam menyelesaikan masalah dan pada saat menuliskan informasi yang diketahui akan tetapi simbol yang digunakan masih kurang lengkap, serta subjek tidak menggunakannya pada saat menuliskan informasi ditanyakan, selanjutnya subjek menggambarkan diagram venn yang sesuai dengan soal yang diminta beserta dengan keterangan pada diagram venn, kemudian subjek menggunakan rumus-rumus yang sesuai dalam menyelesaikan permasalahan, serta subjek juga menyimpulkan jawaban yang diperoleh diakhir penyelesaian. (3) Subjek bergaya belajar kinestetik menuliskan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan lengkap, subjek juga menggunakan simbol matematika yang kurang tepat saat menuliskan informasi yang diketahui dan saat menyelesaikan permasalahan, kemudian subjek menggambarkan diagram venn yang sesuai dengan soal yang diminta beserta dengan keterangan pada diagram venn, selanjutnya subjek menggunakan rumus yang tidak sesuai dalam menyelesaikan permasalahan sehingga jawaban akhir yang didapatkan salah, serta subjek tidak menyimpulkan hasil akhir jawaban yang diperoleh. Kata kunci : Kemampuan komunikasi matematis, soal cerita himpunan, gaya belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up