JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN SUKUBANYAK DI KELAS XI IPA B SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: MAULANA MAHDI |
Tahun: 2019 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembagian sukubanyak di kelas XI IPA B SMA Labschool UNTAD Palu yang berjumlah 26 siswa dan dipilih tiga sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA B SMA Labschool UNTAD Palu pada materi pembagian sukubanyak mengikuti fase-fase model pembelajaran Quantum Teaching yaitu: 1) fase tumbuhkan dilakukan dengan memutarkan video manfaat mempelajari pembagian sukubanyak untuk menumbuhkan keinginan siswa untuk belajar, 2) fase alami dilakukan dengan memberikan LKPD yang harus dikerjakan siswa secara berkelompok, 3) fase namai dilakukan dengan cara siswa menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dan setelah itu bersama-sama membuat kesimpulan, 4) fase demonstrasikan dilakukan dengan cara siswa mendemonstrasikan jawaban soal latihan yang telah diberikan, 5) fase ulangi dilakukan dengan cara siswa mengulang materi yang telah dipelajari dengan bantuan arahan guru dan 6) fase rayakan dilakukan dengan cara memberikan apresiasi berupa tepuk tangan kepada seluruh siswa atas partisipasi belajar. |