JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DI KELAS X SMA NEGERI 3 MODEL SIGI |
Nama: MUHAMMAD RIZALDI NUR |
Tahun: 2022 |
Abstrak Muhammad Rizaldi Nur 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Hora Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 3 Model Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Evie Awuy. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMA Negeri 3 Model Sigi. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel, mengikuti langkah-langkah: Course (1) menyajikan materi SPLTV dengan pemberian contoh masalah dan mengarahkan siswa untuk mengamati informasi yang termuat dari contoh masalah yang diberikan, (2) memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya. Review (3) meninjau kembali pemahaman siswa terhadap materi yang telah diberikan sebelumnya dengan menguji pemahaman siswa secara berkelompok melalui pemberian LKPD, (4) meninjau kembali secara keseluruhan dengan meminta masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil pekerjaan LKPD kelompoknya didepan kelas dan kelompok lain menanggapi. Horay (5) memberikan reward kepada kelompok yang jawabannya benar yaitu berupa tanda contreng serta berteriak Horee dan jawaban salah yaitu berupa tanda silang (6) mengumpulkan LKPD dan lembar petak horay masing-masing kelompok untuk dihitung skor tiap-tiap kelompok (7) memberikan penghargaan kepada kelompok yang memperoleh tanda contreng atau jumlah “horee” terbanyak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay; Hasil Belajar; Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. |