JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII A SMP NEGERI 4 KASIMBAR |
Nama: Nurfadila |
Tahun: 2019 |
Abstrak Nurfadila. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII A SMP Negeri 4 Kasimbar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Muh. Hasbi (II) Baharuddin Paloloang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII A SMP Negeri 4 Kasimbar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 23 siswa dan dipilih tiga sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Kasimbar pada materi persamaan garis lurus mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif yaitu: 1) menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, 2) menyajikan informasi, 3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4) membimbing kelompok bekerja dan belajar, 5) evaluasi dan 6) memberikan penghargaan, yang didalamnya terdapat enam komponen dari model GI yaitu: 1) grouping, pada tahap ini menempatkan siswa dalam beberapa kelompok, 2) planning, pada tahap ini guru menyajikan materi, membagi LKPD pada setiap kelompok, dan menjelaskan tugas-tugas setiap kelompok, 3) investigation, pada tahap ini mempersilahkan kelompok melakukan diskusi, menganalisis data dan inferensi, 4) organizing, pada tahap ini guru meminta setiap kelompok menulis hasil investigasinya dan menentukan penyaji, moderator, dan notulen, 5) presenting, pada tahap ini, guru menunjuk salah satu kelompok untuk menyajikan hasil investigasinya dan meminta kelompok lain untuk mengamati, mengevaluasi, mengklarifikasi, serta mengajukan pertanyaan kepada kelompok penyaji, 6) evaluating, pada tahap ini kelompok mengoreksi hasil investigasinya serta membuat kesimpulan. Kata Kunci: Kooperatif Tipe Group Investigation; Hasil Belajar; Persamaan Garis Lurus. |