JudulAnalisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII A SMPN 2 SATAP Bambaira Pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Gaya Kognitif |
Nama: MUH. IDIL |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran miskonsepsi siswa kelas VII A SMPN 2 Satap Bambaira pada materi pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV) ditinjau dari gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan puposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: AN siswa dengan gaya kognitif tipe FD mengalami miskonsepsi tentang: (1) Definisi koefisien, variabel dan konstanta; (2) Definisi pertidaksamaan linear satu variabel. LS siswa dengan gaya kognitif FI mengalami miskonsepsi tentang: (1) Definisi variabel; (2) Definisi pertidaksamaan linear satu variabel, dan; (3) simbol pertidaksamaan. LS lebih baik dalam memahami definisi tentang kefisien dan konstanta daripada AN, pada soal nomor 3 AN tidak mengalami miskonsepsi tetap AN tidak tahu tentang makna simbol pertidaksamaan. Pada soal nomor 1 LS hanya mengalami miskonsepsi tentang definisi variabel, sedangkan AN mengalami tiga miskonsepsi sekaligus yaitu variabel, koefisien dan konstanta. LS lebih baik dalam pehamanan keofisien dan konstanta. Pada soal nomor 2, AN dan LS sama-sama mengamai miskonsepsi tentang definisi pertidaksamaan. Perbedaannya adalah miskonsepsi yang terjadi pada LS dikarenakan penalaran yang tidak sempurna atau definisi yang tidak lengkap, sedangkan AN mengalami miskonsepsi akibat pemberian contoh yang monoton, contoh pertidaksamaan yang dipelajari kurang bervariasi, khususnya dari segi penggunaan variabel dalam pertidaksamaan. Kata Kunci: Analisis, Miskonsepsi, Gaya Kognitif, PtLSV |