Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI KELAS X MIPA-1 SMA NEGERI 1 BAMBALAMOTU
Nama: NURASIA ASIS
Tahun: 2020
Abstrak
Nurasia Asis. 2020. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Trigonometri Kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Bambalamotu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universtas Tadulako. Pembimbing (1) Mustamin Idris, dan (2) I Nyoman Murdiana Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi tentang penerapan Pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri Kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Bambalamotu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan terdiri atas 3 tahap yaitu (1) Tahap perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan dan obserfasi dan (3) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas X MIPA-1 sebanyak 30 orang siswa dan dipilih 3 siswa sebagai informan dengan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan trigonometri Kelas X MIPA-1 SMA Negeri 1 Bambalamotu dengan mengikuti komponen-komponen CTL yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran sebagai berikut: 1) Contructivism; 2) Inquiry; 3) Learning Comonity; 4) Question; 5) Modeling; 6) Refleksi; dan 7) Authentic assessment. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I masih ada yang memperoleh nilai kurang namun pada siklus II semua aspek yang dinilai mendapatkan penilaian baik dan sangat baik. Hasil tes akhir tindakan diperoleh siswa mengalami ketuntasan sebanyak 13 orang pada siklus I dan meningkat pada siklus II diperoleh 25 siswa mengalami ketuntasan. Kata kunci: Pendekatan Contextual teaching and Learning , Hasil Belajar, Perbandingan Trigonometri

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up