Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 AMPIBABO DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Nama: CAHYANI RAHMADANI DJ.HANUSU
Tahun: 2021
Abstrak
Cahyani Rahmadani Dj Hanusu. 2021. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 1 Ampibabo dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Dua Variabel Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako. Pembimbing I Anggraini dan Pembimbing II Muh. Hasbi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan koneksi matematis siswa kelas XI Ipa 2 SMA Negeri 1 Ampibabo pada materi program linear dua variabel berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang yaitu siswa NR, siswa BA dan siswa NA. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan koneksi berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal program linear dua variabel. Kemampuan koneksi matematis oleh siswa NR dan BA meliputi : (1) siswa mampu mencari dan dapat memahami hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur program linear, (2) siswa mampu menggunakan materi program linear dalam kehidupan sehari-hari, (3) siswa mampu memahami representasi ekivalen konsep program linear atau prosedur yang sama, (4) siswa dapat mencari koneksi satu prosedur ke prosedur yang lain dengan tepat. (5) siswa dapat menggunakan koneksi antara topik sistem pertidaksamaan dengan topik program linear. Kemampuan koneksi matematis oleh siswa NA meliputi : (1) siswa hanya mampu mencari hubungan tetapi belum mampu memahami hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur program linear (2) siswa mampu menggunakan materi program linear dalam kehidupan sehari-hari. (3) siswa belum mampu memahami representasi ekivalen konsep program linear atau prosedur yang sama. (4) siswa mampu mencari koneksi satu prosedur ke prosedur yang lain. (5) siswa belum mampu menggunakan koneksi antar topik SPtLDV dengan topik program linear. Kata kunci : Analisis kemampuan, koneksi matematis, program linear, kemampuan matematika.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up