JudulANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 PALU DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KUADRAT |
Nama: RAHMAT |
Tahun: 2021 |
Abstrak Rahmat, 2015. Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Palu dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing pertama Gandung Sugita, Pembimbing kedua Nurhayadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang beretujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI SMA Negeri 7 Palu dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat. Data dikumpulkan dengan cara metode tes dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu : (1) Salah menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, ditunjukkan subjek tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada jawabannya. (2) Salah dalam menentukan penyelesaian dari soal, ditunjukkan subjek melakukan kesalahan dalam mensubtitusi nilai a,b, dan c pada rumus dan salah dalam menentukan faktor dari suatu fungsi kuadrat. (3) salah dalam menentukan jawaban akhir. (4) salah dalam mengalikan nilai a ke rumus fungsi kuadrat. Kesalahan prinsip yang dilakukan siswa yaitu: (1) siswa tidak memahami konsep dan tidak menguasai materi prasyarat, siswa tidak menuliskan rumus titik puncak dan salah dalam menentukan nilai titik puncak suatu parabola, Kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu: (1) Tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal, ditunjukkan subjek tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada jawabannya. (2) kesalahan dalam melakukan operasi, ditunjukkan siswa salah dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. (3) kesalahan prosedur tidak lengkap. Kata Kunci : Analisis kesalahan, fungsi kuadrat, kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan keterampilan (prosedural). |