Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Timur
Nama: SELVIANI TONTO'U
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Selviani Tontou, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Timur, Skripsi. Program studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Nyoman Murdiana (II) Tegoeh S. Karniman. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Timur. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart, yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini berupa data hasil aktivitas guru dan siswa selama pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi, data hasil wawancara dengan beberapa siswa yang dijadikan sebagai informan, data hasil catatan lapangan dan data hasil tes akhir tindakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dan diterapkan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Timur yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Hasil belajar siklus I ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,64?n siklus II yaitu 86,11%. Hasil observasi keberhasilan aktivitas guru pada siklus I sebesar 79 dikategorikan sangat baik dan siklus II sebesar 83 dikategorikan sangat baik. Sedangkan hasil observasi keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72 dikategorikan baik dan pada siklus II sebesar 78 dikategorikan sangat baik hal ini menunjukkan bahwa jika diterapkan model pebelajaran kooperatif tipe make a match pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Pamona Timur. Kata kunci : Model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match; hasil belajar; penjumlahan dan pengurangan pecahahn

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up