JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS ALKHAIRAAT PALOLO 1 MAKMUR PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK |
Nama: JUMRAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Jumran. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII Mts Al khairaat Palolo 1 Makmur.. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Ibnu Hadjar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII MTs Alkhairaat Palolo 1 Makmur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Alkhairat Palolo 1 Makmur yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan, dan dipilih tiga siswa sebagai informan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Arikunto yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Alkhairat Palolo 1 Makmur pada materi Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok mengikuti fase-fase pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu:1) Memotivasi siswa dan menyampaikan tujuan yaitu peneliti menyampaikan tujuan dan memberikan apersepsi dan motivasi, 2) Menyampaikan informasi, 3) Mengorganisasi siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar, 4) Memimbing kerja tim dan belajar, 5) Mengevaluasi, 6) Memberikan pengakuan atau penghargaan. Hasil penelitian: (1) Presentase ketuntasan belajar klasikal tes akhir tindakan pada siklus I diperoleh 50?n masuk pada kategori baik. Pada siklus II diperoleh 65?n masuk pada kategori sangat baik, (2) Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh 30 dan masuk pada baik. Pada siklus II diperoleh 36 dan masuk pada kategori sangat baik, sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 30 dan masuk pada kategori baik. Pada siklus II diperoleh 35 dan masuk pada kategori sangat baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Hasil Belajar; Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok. |