Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulAnalisis Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Di Kelas VIIIC SMP IT Qurrota A'yun Palu
Nama: ELLA FIDYAWATI
Tahun: 2023
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang pemahaman siswa Kelas VIIIC SMP IT Qurrota A?yun Palu dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian dilaksanakan di SMPIT Qurrota A?yun Palu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini yaitu pemahaman siswa yang berkemampuan tinggi menunjukan siswa cenderung memiliki pemahaman yang baik, baik dari pemahaman translasi, pemahaman interpretasi, maupun pemahaman ekstrapolasi. Siswa berkemampuan tinggi dapat menyampaikan dan memahami soal cerita, menafsirkan dan menggambarkan maksud dari soal, serta menentukan konsep atau langkah-langkah yang tepat dengan baik dan benar, dan mampu menerapkan dalam perhitungan matematika serta menyimpulkan jawaban secara lengkap dengan benar. Pemahaman siswa yang berkemampuan sedang menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik terhadap pemahaman translasi dan interpretasi, tetapi kurang pada pemahaman ekstrapolasi. Siswa berkemampuan sedang dapat menyampaikan dan memahami soal cerita, menafsirkan dan menggambarkan maksud dari soal, serta menentukan konsep atau langkah-langkah yang tepat dengan baik dan benar. Akan tetapi, kurang tepat dan terdapat kekeliruan dalam menerapkan konsep perhitungan matematika serta menyimpulkan jawaban. Pemahaman siswa yang berkemampuan rendah memiliki pemahaman yang cukup baik, pada pemahaman translasi, siswa berkemampuan rendah dapat menyampaikan dan memahami soal cerita, akan tetapi tidak mampu menafsirkan dan menggambarkan maksud dari soal, menentukan konsep atau langkah-langkah penyelesaian soal serta tidak mampu menerapkan konsep perhitungan dan menyimpulkan jawaban secara lengkap yang berarti siswa berkemampuan rendah sangat kurang dalam pemahaman interpretasi dan ekstrapolasi. Kata Kunci: Analisis; Pemahaman siswa; Sistem persamaan linear dua variabel.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up