Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulANALISIS KARAKTERISTIK PENALARAN PROPORSIONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU PADA MATERI RASIO BERDASARKAN GENDER YANG BERKEMAMPUAN TINGGI
Nama: EDI SYAIFUL NASUTION
Tahun: 2022
Abstrak
Edi Syaiful Nasution. 2020. Analisis Karakteristik Penalaran Proporsional Siswa Kelas VIII SMP Negeri Madani Palu pada Materi Rasio Berdasarkan Gender yang Berkemampuan Tinggi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Sutji Rochaminah M.Si dan Pembimbing (II) Drs. I Nyoman Murdiana M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan karakteristik penalaran proporsional siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani Palu berdasarkan gender yang berkemampuan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling, adapun karakteristik utama yang menjadi pentingnya memilih subjek adalah “siswa yang berkemampuan tinggi”. Dua siswa yang dipilih yaitu siswa laki-laki (LK) dan siswa perempuan (PR) yang memiliki kemampuan tinggi. Penelitian ini menghasilkan tiga kategori dan satu sub-kategori. Kategori dan sub-kategori tersebut meliputi: (1) Kualitatif dengan satu sub-kategori yaitu: (a) membuat sebuah perbandingan (2) Aditif, (3) Multiplikatif. Berdasarkan kategori dan sub-kategori tersebut, disimpulkan bahwa Subjek LK dalam menyelesaikan tugas rasio memiliki karakteristik penalaran proporsional pada kategori kualitatif dan multiplikatif. Sedangkan Subjek PR dalam menyelesaikan tugas rasio memiliki karakteristik penalaran proporsional pada kategori aditif dan multiplikatif. Kata Kunci: Penalaran Proporsional; Perbedaan Gender; Rasio.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up