Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BELAH KETUPAT DI KELAS VII A SMP NEGERI 3 PARIGI
Nama: MIFTAHUL JANNAH
Tahun: 2019
Abstrak
Miftahul Jannah, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keliling dan Luas Belah Ketupat di Kelas VII A SMP Negeri 3 Parigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I : I Nyoman Murdiana, pembimbing II : Muh. Rizal. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Paraigi pada materi keliling dan luas belah ketupat. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas belah ketupat di kelas VII A SMP Negeri 3 Parigi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas belah ketupat di kelas VII A SMP Negeri 3 Parigi? Menjawab permasalahan tersebut maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Hal ini ditunjukan dari ketuntasan individu siswa pada siklus I sebanyak 7 dari 24 orang yang mengikuti tes meningkat menjadi 16 dari 23 orang yang mengikuti tes pada siklus II, sehingga indikator keberhasilan yang ditetapkan telah tercapai dan telah mencapai standar KKM yang telah ditetapkan di SMP Negeri 3 Parigi yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas belah ketupat mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Hasil Belajar, Keliling dan Luas Belah Ketupat.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up