JudulAnalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras Di Kelas VIII A MTs Al-Muhajirin Palu Dengan Menggunakan Tahapan Kastolan |
Nama: EMMA ZAKINASTRIE |
Tahun: 2023 |
Abstrak Emma Zakinastrie. 2022. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Teorema Pythagoras di Kelas VIII A MTs Al-Muhajirin palu dengan Menggunakan Tahapan Kastolan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Drs. H. Muh. Hasbi, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi dari kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII A MTs Al-Muhajirin Palu dalam menyelesaikan soal pada materi Teorema Phytagoras berdasarkan tahapan analisis kesalahan Kastolan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Al-Muhairin Palu yang terdiri dari dua siswa. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menyelesaikan soal dengan memiliki beberapa tahapan kesalahan yaitu : (1) kesalahan konseptual dimana siswa tidak dapat menentukan rumus apa yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. (2) Kesalahan Prosedural dimana siswa paham akan soal yang diberikan, paham akan cara atau rumus yang akan digunakan, namun rumus yang digunakan tidak sesuai prosedur rumus yang mereka maksudkan. (3) Kesalahan Teknikal dimana beberapa siswa memiliki kesalahan dalam menghitung nilai dari sebuah perhitungan sehingga menimbulkan kesalahan di nilai akhir jawaban. Kata kunci : Analisis Kesalahan, Tahapan Kastolan, Teorema Pythagoras |