JudulANALISIS KESALAHAN SISWA PADA SOAL CERITA VOLUME PRISMA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI KELAS VIII SMPN 20 PALU |
Nama: NUR SAFITRI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Nur Safitri, 2022. Analisis Kesalahan Siswa Pada Soal Cerita Volume Prisma Berdasarkan Teori Newman Di Kelas VIII SMPN 20 Palu. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Mustamin Idris Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMPN 20 Palu dalam mengerjakan soal cerita volume prisma berdasarkan teori Newman. Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil pekerjaan siswa dan wawancara. Hasil pekerjaan siswa digunakan untuk mengetahui jenis kesalahan yang terjadi sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab terjadinya kesalahan. Keseluruhan siswa di kelas VIIIb di SMPN 20 Palu berjumlah 30 siswa, 6 diantara mengikuti tes 1. Dari 6 siswa yang menyelesaikan tes 1, terdapat 2 siswa terpilih yang dijadikan subjek dalam penelitian ini. Subjek dipilih berdasarkan kesalahan bervariasi dan kesalahan yang dilakukan dapat mewakili siswa yang lain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesalahan yang dilakukan subjek meliputi (1) subjek NI dan RV tidak melakukan kesalahan membaca. (2) Subjek NI dan RV melakukan kesalahan menangkap informasi yang ada di soal sehingga tidak dapat menyelesaikan ke proses selanjutnya.. Kemudian subjek RV melakukan kesalahan ini ditandai dengan Tidak mengetahui apa yang sebenarnya ditanyakan pada soal. Ini terjadi dikarenakan siswa memiliki kebiasaan menyelesaikan soal cerita tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. (3) kesalahan transformasi dilakukan oleh dilakukan oleh subjek NI yakni salah dalam menggunakan tanda operasi hitung untuk menyelesaikan soal. Dikarenakan Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi prasyarat baik sifat, rumus dan prosedur pengerjaan (4) Kesalahan Kemampuan Proses dilakukan oleh subjek NI dan RV. Subjek NI tidak melakukan prosedur penyelesaian. Kemudian subjek RV salah dalam melakukan perhitungan atau komputasi Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi prasyarat baik sifat, rumus dan prosedur pengerjaan merupakan penyebab terjadinya kesalahan kemampuan proses. Adapun kesalahan terakhir adalah (5) Kesalahan penulisan jawaban akhir, kesalahan ini dilakukan oleh subjek RV yang dikarenakan subjek tidak dapat menuliskan jawaban akhir yang diminta soal. Kesalahan ini terjadi dikarenakan siswa melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya sehingga siswa tidak dapat menlanjutkan jawaban pada tahap selanjutnya. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Teori Newman, Volume Prisma |